fans page inspeksi pada jantung

duyy

animasi bergerak gif

inspeksi pada jantung

|| || || Leave a komentar




INSPEKSI UMUM DAN TANGAN.

   Pemeriksaan umum pada tangan jadi sangat penting bagi pasien penderita jantung.
Pemeriksaan yang paling mudah berawal dari wajah, tangan kaku dan lain-lain.


POSISI.
   Pasien sebaiknya duduk , bersandar 45 derajat , ditopang oleh bantal  dengan dada ,lengan , dan pergelangan kaki (jika mungkin) terbuka. Kepala sebaiknya benar-benar tertopang sehingga otot-otot leher lemas.  Pastikan bahwa ruangan hangat dan terjaga privasinya . dalam siituasi “ujian” , pasien harus membuka baju sehingga pasien hanya menggunakan pakaian dalam.
   Jika anda ingin mnegukur tekanan darah pasien dalam  posisi duduk dan berdiri (ingatlah  untuk meminta pasien berdidri selam tiga menit  sebelum melakkan pengukuran),  sebaiknya hal ini  dilakukan pada awal pemeriksaan.

Inspeksi umum.
  Seperti biasa, mundurlah  selangkah dan amati pasien secara objektif.
a.       Apakah mereka tampak sakit ? jika ya,  dalam hal apa ?
b.      Apakah  mereka sesak saat istirahat ?
c.       Apakah terdapat sianosis ?
d.      Apakah pasien kelebihan berat badan ?
e.      Apakah pasien mnegalami kakeksia (berat kurang disertai otot lisut )?
f.        Apakah mereka memperlihatkan tanda-tanda sindrom genetik mislanya sindrom turner, down , marfan.
Sindrom turner : defek kromosom pada wanita yang menghasilkan  tubuh yang pendek . kebanyakan pasien yang mengidap sindrom ini akan mengalami  ovarium seperti guratan sehingga  tidak  terdapat pubertas atau infertilitas.

Tangan.
   Pegang tangan kanan pasien sepeti ingin bersalaman,  perhatikan dengan cermat dan secara singkat  bandingkan  dengan tengan yang lain. Perhatikan secara khusus :
a.       Suhu (dapat dingin pada gagal jantung kongestif )
b.      Kerigat
c.       Keadaan kuku
1.       Diskolarasi  biru jika aliran  darah perifer  terganggu
2.       Peredaran darah splinter ( perdarahan berupa aliran kecil di kuku) dijumpai khususnya pada endokarditis bekteri meskipun  dapat juga merupakan tanda atritis  rematoid.
d.      Jari tabuh / clubing finger . penyakit jantung  penyebabnya adalah endokarditis  infektif dan penyakit jantung konginetal sianotik
e.      Xantomata : lesi kuning meninggi akibat penimbunan lemak  di bawah kulit . sering di temukan di tendon pergelangan tangan
f.        Nodus osler : manifstasi jarang  dari endokarditis  infektif  (suatu  tanda tahap  lanjut  dan penyakit biasanya telah diobati sebelum lesi ini muncul).  Nodus-nodus merah nyeri  bantalan jari tangan atau eminesia tenar.
g.       Lesi janway : lesi-lesi eritematosa berbentuk makulo-populer  yang tak nyeri  di telapak tanagan  atau bantalan jari tanagan sebagai gambaran endokariditis  bakteri yang jarang di jumpai.


  
/[ 0 komentar Untuk Artikel inspeksi pada jantung]\

Posting Komentar