fans page kelainan gelombang P dan T

duyy

animasi bergerak gif

kelainan gelombang P dan T

|| || || Leave a komentar


kelainan gelombang P dan T





Kelainan gelombang P dan T  pada gambaran EKG

Pendahuluan.
 Ekg adalah suatu alat untuk merekam aktifitas listrik pada jantung. Dalam  EKG ada gambaran yang bertulisan PQRST dan juga terkadang ada  U, khusus bagian ini saya akan membahas kelainan kelainan pada gelompang P dan T
Gelombang P.


Gelombang P mencerminkan depolirasi massa otot atrium yang kecil . oleh karena itu, amplitudo gelombang P jauh lebih kecil dari kompleks QRS 
Normal.
·         Pada irama sinus setiap gelombang p berkaitan erat dengan dengan sebuah kompleks   QRS
·         Gelimbang P bisa tegak pada setiap sadapan kecuali pada sadapan AVR
·         Gelombang P memiliki lebar <(0,12)/ 3 kotak kecil dan dibawah 0,3 milivolt/3kotak kecil.
(notes: kertas EKG adalah kertas yang terdiri dari kotak kecil,sedang dan besar.dan terdiri dari garis horizontal.garis horizontal menggambarkan waktu dimana setiap detiknya (0,4 detik= 1 kotak kecil/mm)
Garis vertikel menggambarkan volatase dimana 1  kotak kecil/mm= 1 milivote
1mm = 1kotak kecil dan 5 mm = 1 kotak besar.
Abnormal
·         Hipertrofi atrium kanan akan menyebabkan gelombang P memuncak . penyebab mencakup Hipertensih pulmonaris, pada kondisi ini sering di sebut juga dengan gelombang P pulmonal dan stenosis trikuspid ( penyempitan katup trikuspid). Kelihtan jelas di lead II dan I.
·         Hipertrofi atrium kiri akan menyebabkan gelombang melebar dan berpuncak ganda atau “bifida” . hal ini disebabkan oleh oleh penyakit katup mitral dimana gelombang ini sering dikenal dengan gelomabng p mitral. Keliatan jelas pada lead I dan II.
(notes: hipertrofi dalah pembesaran, )
Gelombang T
Mencerminkan repolirasi ventrikel, gelombang T sering terpengaruhi oleh iskemia kelainan tersebut adalah inversi (terbalik) yang memiliki beberapa penyebab.
Normal
·         Umunya terbalik di v1 dan AVR
·         Dapat terbalik di V1-V3 sadapan di katakan varian normal.
Iskemia miokardium atau IM (Im non gelomabang T )dapat menyebabkan kelaianan gelombang T (terbalik). Kelainan perlu di interpretasikan sebagai gambaran klinis.
Notes: iskemia adalah keadaan kekurangan pasokan darah pada tubuh.
·         Hipertrofi ventrikel dapat menyebabkan inverse T di sadapan-sadapan yang berfokus pada ventrikel ventrikel yag bersangkutan. Sebagai contoh hipertrofi di ventrikel kiri dapat menyebabkan terbaliknya gelombang  T di sadapan V5-V6-2 dan AVL.
·         Block cabang berkas (bundle branch block) menyebabkan kompleks QRS abnormal akibat jalur-jalur depolirasi ventrikel yang abnormal. Repolarisasi yang abnormal juga akan menyebabkan gelombang yang tak lazim / yang tak bermakna.
·         Digoksin menyebabkan inverse gelomvang t yang khas di sertai dengan pelandaian Segment ST yang dikenal sebagain tanda “revrese tick” . hak ini terjadi pada dosis terapeutik dan bukan tanda dosis toksisitas digoksin.
·         Ke tidak seimbangan elektrolit seperti (K, CA , NA ), dapat menyebabkan kelainan gelombag T.
·         Penurunan K dapat menyebabkan gelombang T kecil dan gelombang U(gelombang lebar  yang mmuncul stelah gelombang T)
·         Peningkatan K  dapat menyebabkan gelombang T yang tinggi dan melengkug.
·         Penurunan CA (hypokalsemia) dapat menyebabkan gelombang T kecil dan dapat memanjangkan interal Q-T memanjang. Dan peningkatan CA  (hyperkalsemia)dapat menyebabkan interval Q-T memendek
·         Penyebab lain kelainan gelombang T adalah pemakaian litium dan pendarahan (Sub-arakhnoid)

/[ 0 komentar Untuk Artikel kelainan gelombang P dan T]\

Posting Komentar