fans page nyeri dada

duyy

animasi bergerak gif

nyeri dada

|| || || Leave a komentar




  

NYERI DADA.
   Nyeri dada adalah gejala yang paling sering dan paling penting. Pasien yang mengeluh nyeri dada mungkin terkejut ketika mendapatkan pemeriksaan EKG sebelum mereka dapat berkata lebih banyak. Namun, kemungkinan-kemungkinan penyebab nyeri biasanya didapat  dari anamnesis yang terperinci.

   Seperti jenis lainya, anamnesis harus mencakup :
     
a.       Sifat ( menekan,panas, menusuk , pegal atau sakit dan lain-lain )
b.      Lokasi pasti
c.       Adanya penyebaran
d.      Keparahan (skor 1-10)
e.      Cara dan kecepatan munculnya. Apa yang sedang di lakukan si pasein saat itu?.
f.        Perubahan nyeri seiring dengan waktu sampai sekarang ( dengan skor 1-10)
g.       Duarasi (jika sekarang sudah mereda)
h.      Faktor pemicu (khusunya apakah di pengaruhi oleh pernapasan atau gerakan)
i.         Faktor pereda (termasuk pemakaian GTN ( gliseril tri nitrat))
j.        Gejala terkait ( mual, muntah , bersendawa, dan lain-lain)

   Pasien dengan riwayat nyeri jantung biasanya juga dapat memberitahu Anda apakah nyeri yang dialami  sama seperti, atau berbeda dari nyeri angina yang pernah mereka derita.

ANGINA.

   Nama lengkapnya adalah “angina pektoris” . angina adalah nyeri akibat iskemia miokardium dan penimbunan produk-produk toksik pernapasan di otot. Keadaan ini biasanya di sebabkan oleh penyakit arteri koronaria  tetapi juga bisa disebabkan leh penyakit  jantung lainya misalnnya stenosis aorta atau kardiomiopati hipertrofik.
   Angina berasal dari bahsa latin untuk “terkcekik  dan kata ini sering menjadi ungkapan yang di jelaskan oleh si pasien. Karean otak tidak dapat menginterpretasikan  nyeri dari jantung  sendiri , maka nyeri terasa di bagian tengah dada anterior  dan dapat menyebar ke rahang , bahu , atau turun ke lengan atau bahkan pusar.  Pola ini di sebabkan oleh jantung dan bagian-bagian tubuh tersebut berasal dari embriologis yang sama.  Meskipun sebagain pasein mengalami nyeri angina  hanya di lengan.
   “nyeri” angina biasanya  merupakan suatu sensasi  yang tidak lazim, dan karenanya pasien  mungkin cenderung menggunakan  istilah “tidak nyaman”.

  Pada angina sejati , anda dapat mengharapkan gambaran berikut.
a.      Retrosternum
b.      “menekan” , “berat” , atau seperti “tali yang kencang”
c.        Memburuk dengan olahraga atau emosi , cuaca dingin atau setelah makan.
d.       Mereda dengan istirahat atau dengan semprotan nitrat.
e.       Tidak di pengaruhi oleh napas atau gerakan.
f.        Kadang di sertai sesak napas.

Selain itu, pasien secara klasik mengepalkan tangan kanan mereka dan menempelkan di dada ketika menjelaskan nyeri tersebut.
   Pada pasien yang telah di ketahaui menderita angina , perubahan sifat gejala merupakan hal penting. Tanyai mereka berapa besar olah raga  yang mereka dapat lakukan sebelum  rasa tiak nyaman timbul  dan apakah hal ini telah berubah.

INFARK MIOKARDIUM.

   Pasien akan mengetahui ini sebagai “serangan jantung” nyeri serupa dengan angina tetapi  jauh lebih parah, menetap (meskipun telah di berikan semprotan GTN) dan disertai oleh mual dan berkeringat  dan muntah. Pasien juga mungkin mengungkapkan perasaan datangnya kematian “amgor animi    

Sekian dari saya
Tolong di like atau di share.
 Wassalamualaikum.

/[ 0 komentar Untuk Artikel nyeri dada]\

Posting Komentar