fans page vena jugularis dan arteri karotis

duyy

animasi bergerak gif

vena jugularis dan arteri karotis

|| || || Leave a komentar




  

CARA MEMBEDAKAN VENA JUGULARIS DAN ARTERI KEROTIS.
   Aturan untuk membedakan denyut jugularis dan karotis  di bawah ini hanyalah  petunjuk dan tidak selalu benar. Sebagai contoh, pada regurgitasi trikuspid yang parah, denyut jugularis teraba dan tidak mudah dihilangkan dengan penekanan. Jika terbukti sulit maka lakukan pemeriksaan refleks hepatojugularis..


Cara membedakannya
Denyut jugularis
Denyut karotis
Dua puncak ( dalam irama sinus )
1 puncak
Tidak teraba
Teraba
Hilang dengan tekanan
Sulit dihilangkan
Bergerak sesuai pernapasan.
Tidak banyak bergerak saat penapasan.

REFLUKS HEPATOJUGULARIS.
a.       Perhatikan denyut leher.
b.      Berikan takanan pada hati dengan telapak tangan kanan anda.
JVP seyogyanya naik sekitar 2 cm , sedangakan denyut karotis tidak.

KARAKTER DENYUT VENA JUGULARIS.
   Hal ini agak sulit diketahui tanpa pengalaman. Denyut jugularis memiliki dua puncak utama . anda perlu memerhatikan waktu puncak-puncak tersebut  dalam siklus jantung  dengan meraba denyut karotis secara sama.

Temuan
a.       Penigkatan JVP : gagal ventrikel kanan, stenosis trikuspid , regurgutasi trikuspid , obstruksi vena cava superior , embolus paru ,  kelebihan cairan.


Tanda kusmaaul.
   Dalam keadaan normal , JVP akan menurun selama inspirasi . JVP akan menigkat selama inspirasi (tanda kusmaul)  jika terdapat kontriksi perikardium , infark ventrikel kanan, temponade jantung (jarang terajadi).



Pesan.
   Mahasiswa sering mendapatkan bawha JVP  ternyata sulit dilihat  ketika mereka  mepelajari sebagai tehnik pemriksaan dan hal ini mengingatkan sesuatu hal penting.
   Dalam ilmu kedokteran , sering terdapat  tekanan besar  untuk mengatakan “iya”  ketika dosen berkata “ kelihatan kan ?” . anda mungkin takut kelihatan bodoh , menyita waktu dosen  pembimbing terlalu banyak , atau menghamabat perjalanan ronde bangsal. Namun, hal ini tidak menguntungkan siapapun . mahasisiwa gagal mempelajari tehnik yang benar  atau mengidentifikasi secara tepat dan  dosen gagal menumakan bahwa demontrasi mereka kurang adekuat. Lahirlah kesalah pahaman yang diperlihatkan dari orang ke orang.
   Karena itu penulis mendorong untuk mahsiswa kedokteran  dari semua usia dan tingkat untuk berkata “tidak, tolong perlihatkan kami kemabali”  dan kita semua akan menjadi lebih baik.



Sekian dari saya kurnag lebihnya mohon maaf.
wasalamualaikum

/[ 0 komentar Untuk Artikel vena jugularis dan arteri karotis]\

Posting Komentar