fans page nadi perifer

duyy

animasi bergerak gif

nadi perifer

|| || || Leave a komentar




  

NADI PERIFER.
   Semua nadi akan dijelaskan dibawah  tetapi perlu diperiksa sesuai urutan yang dijelaskan  dihalaman  sebelumnya.  Untuk masing-masinng nadi , anda perlu mencoba mendeteksi kecepatan  dan irama denyut . untuk denyut brakialis dan karotis khususnya , anda perlu menentukan volume dan kareakter.


TEKNIK.
   Sebaiknya anda tidak menggunakan jempol anda untuk memeriksa  nadi karena  dapat  terjadi kesalahan dengan  menyangk nadi anda sendiri  (yang dapat  terasa lemah dijempol)  sebagai denyut pasien , khususnya di arteri perifer.

ARTERI RADIALIS.
   Penentuan  bentuk  gelombang disini  kurang bermanfaat karena  letaknya yang  jauh dari jantung .
   Gunakan jari tangan ke 1 dan ke 2  untuk meraba tepat lateral dari tendon  fleksor karpi radialis dan medial dari  prosesus  stilodeus  tulang radius  di pergelangan tangan.

ARTERI BRAKIALIS.
 Raba di sisi medial fossa antekubitti , tepat medial di insersi biseps.

ARTERI KAROTIS.
   Arteri  karotis  adalah tempat yang paling baik untuk melihat denyut dan  bentuk gelombang.
 Temukan laring,  bergeraklah ke arah lateral beberapa sentimeter  dan tekan kearah  belakang  dimedial dari otot sternokleidomastoideus
Note : pastikan anda tidak menekan nadi secara bersamaan karena dikhwatirkan bagi nadi yang lemah akan menghambat aliran darah ke otak.

ARTERI FEMORALIS.
   Arteri ini adalah tempat yang penting untuk menilai bentuk gelombang kecuali  jika terdapat penyakit atau kelainan di abdominalais.
   Pada tahap ini pasien biasanya telah membuka baju mereka kecuali pakaian dalam  dan seyogyianya  berbaring ditempat tidur  atau bangku panjang dengan kedua tungkai  membuka.
  Minta mereka untuk menurunkan sedikit busana mereka  sehingga lipat paha  terpajan ,  denyut femoralis dapat diraba   di pertengahan diantara  tuberkulum pubis   dan spina iliaka  anterior superior.

ARTERI POPLOTEA.
   Arteri ini terletak jauh di fossa poplotea   dan dikelilingi oleh  tendon-tendon kuat.  Pembuluh ini  mungkin sulit diraba   dan biasanya memerlukan tekanan yang lebih besar  dari pada yang anda pikirkan . terdapat  beberapa tehnik , tetapi kami menyarankan :
a.       Dengan pasien  berbaring datar dengan lutut sedikit di fleksikan , lakukan tekanan ke dalam  bagian tengah fossa  poplitea  dengan ujung jari-jari tangan kiri  dan gunakan jari-jari tangan kanan  untuk memberikan tambahan tekanan  pada tangan kiri.
ARTERI TIBIALIS POSTERIOR.
Palpasi di pergelangan  kaki tepat di  posterior dan inferior  dari maleolus medialis.

ARTERI DORSALIS PEDIS.
   Pembuluh-pembuluh ini berjalan lateral  dari tendon extensor  hallucis longus  di permukaan superior kaki  antara pangkal metatarsal ke 1 dan ke 2.


Sekain dari saya kurang lebihnya mohon maaf.

Wasslaualaikum.


/[ 0 komentar Untuk Artikel nadi perifer]\

Posting Komentar