fans page anamnesis pada ISPA

duyy

animasi bergerak gif

anamnesis pada ISPA

|| || || Leave a komentar



  

ANAMNESIS-ANAMNESIS PADA ISPA.

   Gejalan lain.
   Demam pada malam hari dapat menjadi tanda infeksi seprti TBC , keganasan atau penyakit jaringan ikat.


   Penurunan berat badan :
    Dapat merupakan gejala karsinoma, penyakit paru kronik atau infeksi kronik, upayakan untuk menghitung berat badan yang hilang (berapa banyak yang hilang dalam beberapa lama ?)
.
Edema perifer :
   Manifestasi klinis berupa pembengkakan pergelangan kaki pada sore hari dapat merupakan tanda awal gagal jantung kanan  akibat penyakit paru kronik  (kor pulmunal). Jika cukup parah pasien mungkin akan meperlihatkan  gejala dan tanda gagal jantung kiri.

Apneu tidur obstruktif  (obstructive sleep apnoea).
   Disebebabkan  oleh obstruktif saluran napas  atas oleh otot-otot platum  yang kendur sewaktu tidur pada fase  REM (rapid eye movement) .  gejala ini menyebakan mengorok dan hipoksia progresif secara singkat dapat membangunkan pasien dari tidur , sering di sertai oleh gerakan tubuh yang berlebihan sehingga menggangu teman tidurnya .Teman tidur si pasien akan secara gamblang menceritkan hal ini, pasien akan melaporkan nyeri kepala pada pagi hari akibat retensi CO2  dan mengantuk pada siang hari karena kurang tidur.|

RPD (riwayat penyakit dahulu).
·         Vaksinasi pada penyakit pernapsan terutama BCG
·         Riwayat penyakit pernapasan terdahulu TB .
·         Kelainan foto rontgen toraks  yang  sebelumnya sudah di jelasakn oleh si pasien
·         Masa si anak (anak arogan atau mungkin mengalami asma yang belum terdiagnosis)
·         Riwayat rawat inap di rawat inap intensif.

   Riwaya pengobatan
      Inhaler apa yang biasa digunakan dan seberapa sering  ? periksa tehnik pemakain inhaler.
·         Riwayat keberhasilan pemakaian bronkodilator  dan steroid
·         Terapi steroid oral mempermudah  infeksi  khushnya TB
·         B-bloker dapat menyebabkan eksaserbasi penyakit paru obstruktif
·         Inhibitor ACE meyebabkan batuk kering.
·         Jika menggunkan terapi O2 silinder atau konsebtrator ? dan berapa jam sehari ?.
Pemakaian obat terlarang  (kokain berkaitan dengan penyakit pernapasan).

Riwayart keluarga.
   Asma, eksin dan alergi.
·         Penyakit keturunan  (misalnya fibrosis kistik , difiensi a1-antitripsin)
·         Kontak keluarga dengan TB.

Merokok
    Upayakan menghitung kebiasan ini di dalam “bungkus-tahun” 1 bungkus per tahun adalah 20 batang rokok per hari  selama satu tahun (misalnya 40/hari selama 1 tahun = 2 bungkus –tahun ; 10/ hari selama 2 tahun = 1 bungkus –tahun ). Hati-hati agar jangan nampak menghakimi.
   Tanyakan tentang riwayat perokok karena banyak pasien menyebut dirinya bukan perokok padahal mereka baru saja berhenti merokok pada minggu lalu atau bahkan kemarin.
 Dan ingatlah untuk selalu menanyakan perokok pasif.

ALKOHOL
   Pecandu alkohol beresiko lebih besar terjangkit infeksi pernapasan dan mabuk-mabukan dapat menyebabkan pneomonia aspirasi.

RIWAYAT SOSIAL
1.       Hewan peliharaan
   Anjing dan kucing merupakan sumber alergi yang umum. Jangan lupa burung dan hewan yang di kandang  tanyakan juga tentang pejanan yang berada di luar rumah , di sekitar taman dan lain-lain.
2.       Perjalanan
   Tanyakan tentang riwat berpergian  (baru atau lama)  ketempat-tempat yang  terdapat infeksi pernapasan indemik. Pikirkan terutama TBC . ingat juga, bahwa legionella dapat terjangkit melalui sitem  air dan pendingin ruangan (AC) bahkan negara-negara maju yang “aman”.
3.       Pekerjaan
   Lebih penting dari bidang pulmonologi dari bidang kedokteran lainya. Waspadai pejanan asbes , batu bara , kapas , nitrogen dioksida , logam seperti timah , perak , besi ,  oksida ,titanium , serta hay sistem AC , den sebagainya. 
   Telusuri riwayat perkerjaan karena munkin  terdapat jeda waktu hingga  20 sampai 30 tahun antara pejanan dan penyakit yang di timbulkan. Ingatlah bahwa pejanan mungkin  tidak jelas di ketahui dan mungkin pasien tidak menyadari hal itu . tukang ledeng , perkerja bangunan  dan tukang listrik munggkin pernah  terpajan asbes. Tanyakan juga tentang kontak erat . pasangan mungkin terpajan  secara signifikan misalnya melalui secara sentuhan dan pencucian baju  ( meskipun hak ini relatif jarang).

 WASSALAMUALAIKUM.

/[ 0 komentar Untuk Artikel anamnesis pada ISPA]\

Posting Komentar