fans page pemeriksaan fisik

duyy

animasi bergerak gif

pemeriksaan fisik

|| || || Leave a komentar



  



Pemeriksaan fisik pada ispa.

    Dalam dunia kesehatan, selalu ada pemeriksaan-pemeriksaan yang dapat menunjangnya suatu diagnosa. Pada kali ini akan saya jelaskan beberapa pemeriksaan fisik terpaut penyakit saluran napas.
  Pemeriksaan pada tangan , wajah dan leher.


 


Suhu
a.       Jari-jari tangan yang dingin menunjukan  vasokontriksi perifer atau gagal jantung.
b.      Tangan yang hangat di sertai dilatasi vena-vena di jumpai pada retensi CO2.

Noda
   Jari tangan  yang ternoda oleh TAR tampak kuning atau coklat di tempat batang rokok di pegang (nikotin tidak berwana dan tidak mewarnai ) . warna coklat dan kuning pada pasien mununjukan pasien merokok tapi merupkan bukan indikator akurat tentang jumlah rokok yang di hisap.

Sianosis
   Sianosis adalah warna kebiruan di kulit , membarane mukosa dan kuku, tampak jika hemoglobin tereduksi . 2,5g/dL (sat O2 sekitar 85 %). Lebih mudah terlihat di bawah sinar matahari.
   Sianosis sentral lebih nampak terlihat di lidah dan mukosa mulut  (penyakit paru berat seperi pneomonia , PE , PPOK). Sianosis perifer hanya terlihat di jari tangan  dan kaki serta di sebabkan oleh  penyakit vaskuler perifer dan vasokontriksi..

Jari tubuh clubbing.
   Bertambahnya kelengkungan kuku.  Jari tubuh dini nampak seperti pelunakan dasar kuku (kuku dapat di goyang ke kiri dan kanan) tetapi hal ini sangat sulit untuk di deteksi.
    Pembentukan jari tabuh progresif  menyebabkan hilangnya sudut kuku  di pangkal dan akhirnya menyebabkan  kelengkungan longitudinal dan deformitas yang nyata.
    Secara objecktif periksalah  jari tabuh  dengan menempelkan kuku jari tangan pasien saling berpunggungan , jari tabuh menyebabkan hilangnya celah berbentuk berlian.
   Penyebab penyakit pernapasan yang penting adalah karsinoma , asbestosis , alveolitis fibrotikans , dan sepsis kronik.  (bronkiektaksis , abses , emplema , fibrosis kistik ).

Nadi
   Kecepatan , irama , karakter , “bounding pulse”  takikardia menandakan retansi CO2.

Tremor
a.       Tremor halus : disebabkan oleh pemakaian obat agonis  (misalnya : salbutamol ).
b.      Flaaping tremor  (astereksis): tampak gemetar ketika tangan sedang dorsofleksi. Dengan jari-jari abduksi . mirip dengan flap pada gagal hati. Tanda retensi Co2 tahap lanjut.

Tekanan darah

Pluksus parodoksus. Penyebab efusi perikardial , asma berat.

JVP

   Peningkatan vasokontriksi  pulmonalis atau  hipertensi pulmonalis  dan gagal jantung kanan.  Meningkat secara nyata , tampak denyut ,  pada obstruktif  vena kava superior  di sertai pelebaran vena –vena dinding  dada atas, edema wajah dan  konjugtive kemosis.

Hidung.

   Periksa bagian-bagia luar dan dalam, cari tidak adanya polip (asma) , deviasi septum dan lupus pernio  (pembengkakan hidung berwaran merah atau ungu akibat granuloma sarkoid).


Anemia.

A.      Konjungtiva : tanda-tanda anemia
B.      Sindrom horner :  disebabkan oleh penekanan rantai simpatis di rongga dada (tumor , sarkodosis , fibrosis)
C.      Iritis : TB, sarkoidosis.
D.      Konjungtivitis : TB, sarkoidosis.
E.       Retina : papiledema pada retensi co 2 atau metatasis ke otak.  Tuberkel retina pada TB , koroiditis pada TB atau sifilis.


Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf.
/[ 0 komentar Untuk Artikel pemeriksaan fisik ]\

Posting Komentar