fans page PERHATIKAN HAL INI KETIKA SHALAT BERJAM’AH

duyy

animasi bergerak gif

PERHATIKAN HAL INI KETIKA SHALAT BERJAM’AH

|| || || Leave a komentar



 assalamualaikum  

   shalat jam'ah tidak di ragukan lagi ke istemewaanya, bahkan Nabi pun  menyuruh orang buta ke mesjid untuk menunaikan shalat jam'ah, namun apakah anda tau beberapa kesalahan-kesalahan umum yang sering di lakukan oleh jam'ah ? , berikut adalah kesalahan-kesalahan umum yang akan saya uraikan.


bissmilah

1.           Kami banyak meihat orang mengarahkan pandangan mereka ke langit ketika shalat. 
Nabi melarang hal ini dan bersabda :

“hendaklah kaum-kaum itu benar-benar berhenti mengarahkan pandangan  mereka ke langit ketika berdoa dalam shalat. Atau penghlihatan mereka akan di kembalikan.”

   Imam nawawi berkata, “dalam hadits ini terkandung  larangan keras dan ancaman tegas dalam soal ini. Terdapat ijma’nya atas larangan hal ini.”

  Sunnahnya, orang shalat hendaklah melihat pada tempat sujudnya.

  Aisyah berkata,”Rasullulah masuk kab’ah  (lalu sahabat) dan tidak menghalihkn pandangan dari tempat sujudnya hingga beliau keluar darinya.”

   Imam ahmad, Ibnu khuzainah dan Baihaqi  meriwatkan dengan sanad Hasan dari Abdulah bin Zubair, bahwa Nabi apabila bertashaud meletakan tanganya yang kiri pada paha yang kiri dan meletakan tangan kanan pada paha yang yang kanan lalu berisyaratkan  dengan jari telunjuknya. Pandangan beliu tidak melampui isyaratnya.


2.        Melagukan dalam lafazh aamiin.
Kesalahan ini sering di lakukan setiap orang shalat , kecuali yang di rahmati ALLAH. Jika Imam mengucapkan wallad-dhallin,  akan  anda jumpai makmum di belakangnya memanjangkang bacaan ta’mim seperti mad badal, yaitu enam harakat  menjadi aaaaamiin. Ini kesalahan yang jelas. Ia tidak wajib memanjangkan  lafadz tersebut kecuali hanya dua harakat saja, yaitu aamiin. Demikian juga sebagian mereka salah  dengan mentsyidkan huruf min menjadi aammiiiin.


3.       Mengeraskan suara ketika takbiraul ikhram.
Sebagain kaum muslimin bila masuk mesjid dan mendapatkan shalat telah di dirikan dan para makmum sedang ruku atau sujud misalnya,  ia mengeraskan suara ketika saat bertakbiratul ikhram  hingga sebagian makmum menyangka bahwa  itu takbiran imam.  Dengan demikian ia telah menyebabkan mereka menyelisihi Imam dalam salah satu rukun shalat. Ini termasuk kesalahan yang wajib  di perhatikan apabila sesorang masuk mesjid hendaklah bertakbir dengan lirih hingga tidak menggangu saudara-saudaranya.
   Syaikh ali mahfudz berkata, : termasuk bid’ah yang di benci dalam shalat adalah mengeraskan suara yang sebenarnya lirih.  Seperti dalam isti adzah atau doa istiftah atau ketiaka tasbih. Yang demikia itu tidak ada pada masa Rasullulah, para sahabat beliau serta para salafus shalih. Mereka ini telada kita dalam menuju  pada keridhaan Allah Ta’ala. Kalau kita tidak meneladani mereka lalu kepada siapa  lagi ?”.

4.       Kesalahan yang sudah merebak seputar surat Al-fhatihah.
Salah satunynya adalah  ada yang salah membaca an’amta’ alaihim menjadi an’amtu ‘alaihim . juga ada salah mengucap iyyaka na’budu menjadi iyyaka na’bud . Jadi mereka mengubah huruf dal yang mestinya di dhamahkan. Juga ada yang melafadzkan  ihdinas shirata menjadi  ihdinasy syirata.
   Kebanyakan orang juga ingin membaca  hurup shad dengan baik ia mengubahnya menjadi huruf syin. Ini semua merupakan kesalahan yang jelas dan telah memasyarakat.


Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf.
 Wassalamualaikum.
/[ 0 komentar Untuk Artikel PERHATIKAN HAL INI KETIKA SHALAT BERJAM’AH]\

Posting Komentar