fans page rontgen abdomen

duyy

animasi bergerak gif

rontgen abdomen

|| || || Leave a komentar







FOTO SINAR X ABDOMEN

Starategi membaca foto yang sistemik akan membantu anda menginterpretasikan foto abdomen . terdapat beberapa hal kunci yang perlu di periksa pada setiap foto abdomen hal hal yang utama tersebut adalah;

        ·         kualtas teknik ,
        ·         pola gas ,
·                klafisifikasi tulang

        ·         dan jaringan lunak.

Penilain teknis.
Selalu memulai inpeksi anda dengan memeriksa
·         Nama pasien
·         Tanggal lahir
·         Usia pasien
·         Jenis kelamin pasien
·         Tanggal ketika foto dilakukan
·         Penanda kiri dan kanan

·         Proyeksi film
  Hampir semua foto sinar X  abdomen adalah  AP (antero posterior) tetapi posisinya yang lain mencakup , tegak, terlentang ,atau dekubitus sudut pandang ini biasanya di tandai di foto.

Sudut pandang .
 Foto sinar X abdomen standar.
Juga di kenal denga KUB ( kidney ureter bleeder ) atau BNO (kandung kemih ,ginjal dan ureter) dalam bahsa belanda , adalah posisi terlentang atau (supine)

Foto tegak
 Juga bermanfaat dalam mengedintifikasi adanya udara bebas intraperitoneum dan batas udara dan air  (air fluids level) di usus.
Dekubitus lateral kiri /kanan : terutama berguna pada pasien yang sakit berat yang di curigai memiliki udara bebas intraperitoneum dan tidak mampu duduk atau berdiri.
   Foto dekubitas dapat di identifikasi dari batas cairan  yang sejajar dengan sumbu panjang tubuh , berbeda dari sudut tegak lurus pada foto tegak biasa.


PENETRASI 
Suatau foto yang terlalu terang (kurang penetrasi) atau terlalu gelap ( penetrasi berlebihan ) tidak banyak bermanfaat secara diagnostik.
Sebagai aturan umum , jika anda dapat melihat tulang tulang vertebra maka secara teknis kualitas sudah memadai .
Foto yang terlalau gelap  di anjurkan diperiksa dengan  sinar terang dari belakang (ada disebagai kotak untuk membaca foto )

PERHATIKAN POLA GAS
Usus besar terletak di sekitar perifer abdomen dan biasanya memperlihatkan identitas haustra.
Usus ini seharusnya berisi tinja dan gas.
  Di usus besar di lengkung usus di anggap melabar jika garis tengah nya melebihi >5 cm
Usus halus : terletak lebih di tengah memeprlihatkan lipatan mukosa (valvulae conniventes ) dan berisi cairan dan gas.
Kaliber normal usus halus tidak melebihi 2,5- 3 cm
Biasakan diri dengan pola gas normal – ada foto abdomen  posisi abnormal lengkung usus mungkin menunjukan adanya massa di abdomen .

Batas cairan fluid ( level)
Batas udara –cairan . tampak sebagai garis batas horizontal  antara suatu daerah cairan yang abu abu muda dan daerah gas yang hitam atau abu abu gelap. Batas cairan yang kecil di usus halus dan besar merupakan temuan normal.
Namun, lengkung usus yang abnormal atau melebar dengan batas udara cairan dalam pola difus merupakan isyarat kuat adanya obstruksi mekanis . lengkung usus sering memperlihatkan gambaran jepit rambut  (belokan 180 derajat)
Untuk membuktikan batas cairan anda memerlukan foto tegak atau dekubitus.
Gas di luar usus.
Secara cermat periksalah untuk tanda tanda gas ekxtralumen (di luar lumen usus) . gas ini mungkin berada bebas (Pneomoperitoneum)  atau tergantung dalam suatu rongga abses, retroperitoneum , dinding usus, atau empedu atau sistem vena porta hati.
Jika pasien tidak baru menjalani pembadahan, udara bebas intrapritoneum  menandakan ruptur visera.
Suatu tanda samar yang menandai adanya gas bebas adalah tandanya “dinding rangkap” (double wall) di sini kedua sisi dinding lengkung usus menjadi terlihat karena adanya udara di dalam dan luar usus .
Pneomoperitoneum
Jangan lupa meminta foto torak tegak  pada kasus kasus yang di curigai pneumoperitonem dan carilah gas bebas berbentuk bulan sabit gelap bilateral di bawah hemidiafragma.

Kalsifikasi.
Terdapat beberapa strukture kalsifiksi yang dapat megalami kalsifikasi , terutama dengan meningkatnya usia pasien. Kalsifikasi ini kadang di sangka sebagai strukture usus sehingga menimbulkan kebingungan :
Tulang rawan iga
Aorta
Arti iliaka dan ilienalins
Flebolit panggul ( opasitas bulat kecil di pleksus vena panggul yang kadang mengandung  bagian lusen tengahnya)
Kelenjar limfe mesenterium.
 Buatlah catatan yang cermat tentang kalsifikasi abnormal misalnya batu empedu dan saluran kemih aneurisma dengan kalsifikasi  tumor , kalsifikasi pankreas,  pada pankreatitis kronik , dan kalsifikasi di ginjal pada nefrokalsinosis.
                                                              
TULANG
Periksalah tulang dan carilah peyakit keganasan sekunder  (mungkin terlihat sebagai lesi-lesi  lusen bulat) , perubahan degeneratif  dan osteoporosis  (penipisan korteks).
Jangan lupa untuk memperhatikan semua tulang dan sendi yang berada di bidang foto termasuk
·         Panggul
·         Vertebra
·         Iga-iga terbwah
·         Sendi sakroiliaka
·         Kaput femoralis.

JARINGAN  LUNAK
 Perhatikan sekilas foto dan identifikasi:
·         Batas bawah hati dan limfa
·         Bayangan ginjal
·         Otot psoas
·         Massa
Massa di abdomen sering di ketahui karena tergesernya tau distorsi viserea normal.
   Kandung kemih yang terenggang adalah massa  tersaring yang di jumpai di panggul tetapi adanya suatu massa di bagian ini mungkin di sebabkan oleh patologi  ovarium atau uterus.
Pembasaran hati yang signifikan mungkin di tandai oleh suatu massa besar di sisi kanan abdomen yang mungkin meluas ke krita iliaka. Carilah hilangnya bayangan  usus dan meningkatnya densitas ke daerah ini.
Pembesaran limpa yang signifkan terlihat sebagai suatu massa yang meluas inferomedial dari kudra kiri atas . mungin terjadi elavasi hemidiafragma kiri dan pergeseran ke bawah ginjal kiri dan lambung  Juga mungkin terlihat pembesarn hati dan kelenjar limfe.
Panjang normal ginjal adalah sekitar 3-3,5 vertebra lumbal plus  diskusnya , ginjal kiri biasanya lebih tinggi dan sedikit lebih besar dari pada yang kanan. Ketidak sesuaian yang melebihi 1,5 cm di antara kedua sisi harus di curigai.  
............
... sekian dari   saya
jika anda suka tolong di like atau di share untuk berlangsungnya blog ini , dan jika ada yang di tanyakan bisa join ke group kami yang ada  di atas kanan atau fans page .
Terima kasih
wassalamualaikum
/[ 0 komentar Untuk Artikel rontgen abdomen]\

Posting Komentar