fans page palpasi

duyy

animasi bergerak gif

palpasi

|| || || Leave a komentar




  



Palpasi pada dada.

   Posisi mediatinum
 Trakea : trakea seharusnya terletak di garis tengah tepat di belakang incisura jugularis.  Trakea akan menggeser jika mediastinum terdorong atau tertarik ke lateral . pendorongan trakea merupakan tanda tahap lanjut dan tidak mudah dinilai, kecuali jika pergesaranya nyata.

   Terdapat beberapa metode untuk memeriksa posisi trakea , yang umunya membuat pasien sedikit merasa tidak nyaman,  dua metode yang paling populer adalah :
1.       Menggunakan satu jari tangan untuk meraba trakea , jarak antara jari dan sternoklodomostoid di masing-masing sisi harus sama.
2.       Menggunakan dua jari tangan  untuk mempalpasi sulkus di kedua sisi trakea pada saat yang sama, keduamya harus  teraba berukutan identik.

Denyut apeks :  normalnya berada di sela iga ke lima  di garis  mid klavikula  denyut apeks akan bergeser bersama mediastinum. Namun, apeks akan sulit di raba jika terjadi hiperekspansi paru dan dapat bergeser ke kiri jika jantung membasar.

PENGEMBANGAN DADA

   Suatu ukuran objecktif gerakan dada, dengan menggunakan tangan anda sebagai penuntun.
1.       Letakan ke dua tangan di dada pasien, tepat di bawah puting payudara dengan jari-jari tangan mengarah ke lateral.
2.        Rentangkan kedua jempol anda  hingga ke duanya bersentuh di garis tengah, jangan menekanya ke dada pasien.
3.       Minta pasien untuk menarik napas dalam –dalam, sewaktu mereka melakukanya, perhatikan jempol anda ke dua jempol seharusnya bergerak keluar secara serentak. Setiap penurunanan di suatu sisi seharusnya dapat di lihat.
4.       Waspadai kesalahan , karena anda dapat dengan mudah menggerakan jempol anda sendiri.
Waspadai hal ini dan biarkan jempol anda yang mengikuti gerakan dada.
Note  :
   anda perlu menjelaskan apa yang akan anda lakukan karena memegang dada wanita langsung tanpa pemberitahuan prosedur akan menyebabkan kesalah pahaman.
   Payudara wanita memiliki ukuran yang beragam dan karenanya penempatan tangan  anda dalam pemeriksaan ini juga harus di sesuaikan.
   Secara khusus jika menghadapi wanita berusia lanjut payudara mereka di tinggikan sampai iga ke 5.

RABA FREMITUS VOKAL.
   Fremetus vokal adalah getaran yang di rasakan di dada saat pasien bicara.  Masing-masing bagian dada di perikasa , seperti pada perkusi.
fremitus vokal
1.       Letakan tepi medial kanan anda secara horizontal di dada pasien
2.       Minta pasien untuk menyebut “sembilan puluh sembilan” atau “satu satu satu”
3.       Anda seharusnya dapat merasakan getaran di tangan anda.
/[ 0 komentar Untuk Artikel palpasi]\

Posting Komentar