fans page pendapat ulama tentang shalat tasbih

duyy

animasi bergerak gif

pendapat ulama tentang shalat tasbih

|| || || Leave a komentar


 

SHALAT TASBIH DAN PRBEDAAN PARA ULAMA SEPUTAR MASAH INI.


    Mayoritas  ulama dan dai’i berpendapat hadits tentang shalat tasbih ini daif.  Kami akan menyebutkan kepada anda sekalian hadits dan komentar para ulama tentang sanad-sanadnya.  
 

    Ibnu abbas berkata, “ Rasullulah berkata pada Abbas bin Abdul muthalib , ‘wahai pamanku, Abbas, sukakah paman kuberi, , karunia, kuberi hadiah istimewa, dan kuajari sepuluh macam perbuatan yang bila engakau mengerjakanya Allah akan menghapus dosa mu yang awal dan akhir, yang dahulu maupun sekarang,  kesalahan yang tidak engkau sengaja  dan di sengaja ,  yang kecil dan besar , yang tersembunyi dan terang-terangan.


    Sepuluh perbuatan itu ialah , engkau shalat  empat raka’at  dan setiap raka’at membaca Al-fatihah  dan surat.  Apabila engkau selesai membeca di raka’at pertama , ucapkan ketika  masih berdiri
subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaaha illallah wallahu akbar
Sebanyak lima belas kali.
   Lalu ruku dan ketika ruku  itu ucapkan kalimat seperti tadi  sepuluh kali. Lalu engkau bangkit dari rukuk  mengucapakn  sepuluh kali. Kemudian turun sujud membaca  sepuluh kali . sujud lagi dan membaca  sepuluh kali, angkat kepala dari sujud sebelum berdiri dan di waktu duduk sepuluh kali pula.
   Jadi jumlah ada tujuh-puluh lima kali dalam setiap raka’at . demikian itu lah yang harus di kerjakaan dalam setiap raka’at dari ke empat rakaat itu. Jika engkau dapat mengerjakan  sekali dalam sehari  kerjakanlah. Jika tidak, lakukanlah setiap satu jum’at sekali, kalau tidak bisa setahun sekali , dan jika tidak bisa lakukanlah seumur hidup sekali.

   Ibnu khuzaimah berkata, “ jika hadits ini shahih (maka di amalkan),  karena dalam sanad hadits ini ada masalah .
    Ia lalu menyebutkan hadits dan berkata , “ Ibrahim bin Al-Hakam bin Aban meriwiyatkan dari bapaknya, dari Ikrimah secara mursal,  tidak di sebutkan Ibnu abbas.”

    Al- Hafizh berkata,  “Ath-thabrani meriwiyatkanya dan  menyebutkan di akhir lafadznya“meskipun dosa-dosa  mu sebanyak buih di lautan  atau tumpukan pasir, niscaya Allah akan mengampunimu.”

   Al hafidz berkata, “ hadits ini di riwatkan dari banyak jalan dan dari sejumlah sahabat , yang paling kuat adalah hadits Ikrimah ini.
   Hadits ini dishahihkan sejumlah ulama, di antara Al hafidz Abu bakar Al-ajuri dan Syaikh kami Abu Muhammad Abdur-rahim Al-mishri, dan Al hafizh Abul hasan al-Maqdisi.
   Abu bakar bin dawaud berkata, “ aku mnedengar bapa ku berkata, tidak ada hadits shahih dalam shalat tasbih  selain hadits ini.”
 Muslim bin hajaj berkata, “ tidak ada riwyat yang sanadnya  lebih baik dari hadits ini, “ yakni sanad hadits Ikrimah dari ibnu abbas.
....
Sekian dari saya.  semoga kita di berikan petunjuk ke jalan yang benar.
Amin.
/[ 0 komentar Untuk Artikel pendapat ulama tentang shalat tasbih]\

Posting Komentar