fans page waspada sariawan menyebabkan kemandulan

duyy

animasi bergerak gif

waspada sariawan menyebabkan kemandulan

|| || || Leave a komentar



  

WASPADA SARIAWAN PADA WANITA DAPAT MENYEBABKAN KEMANDULAN.


   Sariawan atau Stomatitis aphthosa recurrent adalah penyakit  pada rongga mulut, yang di tandai adanya bercak-bercak berwana putih dan merah di sekitar area bibir, lidah dan mulut.
  Cara mudah untuk mengatasi sariawan yaitu berkumur dengan air garam sekitar 1-2 menit kata drg. Harum.
   Namun tahu kah anda bahwa sariawan tidak hanya ada pada bibir, lidah dan mulut saja, tapi sariawan juga bisa menyerang organ intim wanita dan usus yang dapat menimbulkan efek kemandulan.
   Sariawan serviks adalah sariawan yang menyerang di leher rahim wanita. Dikutip dari laman AyahBunda, sariawan serviks dapat meningkatkan risiko kemandulan bagi wanita sebesar 17 persen. Penderitanya dan  sekitar 11 persen dialami oleh wanita yang berusia 15-45 tahun. Keburukan sariawan serviks selanjutnya seperti dijelaskan berikut ini:

1.       Mengganggu kesuburan.
   Sariawan serviks berpengaruh pada pengentalan lendir di area rahim. Semakin kental lendir tersebut maka menyebabkan sperma lebih sulit “berenang” ke arah seltelur yang siap dibuahi.
   Bisa juga, kekentalan lendir menyebabkan sel telur yang ada di indung sulit berjalan menuju rahim. Jika dalam kondisi tersebut sampai terjadi pembuahan, maka dapat terjadi kehamilan di luar rahim. Jika sariawan jumlahnya banyak dan menyebar kemungkinan bisa merusak indung dan saluran telur.

2.       Terjadi penyebaran sariawan.
   Sariawan yang tumbuh di serviks bisa merembet ke bagian dalam tubuh lainnya. Misalnya, awalnya sariawan terdapat di bibir vagina lalu menuju saluran vagina, dan berakhir di serviks. Dalam perkembangannya jika sariawan makin parah dapat pula tumbuh di rahim hingga panggul. Sariawan ini bentuknya benjolan kecil yang di dalamnya ada cairan bening. Kalau sudah pecah akan membentuk bercak putih.

3.       Terjadi infeksi.
Berbeda dengan sariawan di mulut, sariawan yang satu ini dapat menyebabkan infeksi dan infeksi tersebut dapat menyebar.
   Penyebab utama dari sariawan serviks ini adalah virus HPV dan bakteri. Biasanya wanita yang terkena akan memilikki tanda dan gekala seperti berikut :
a.       Rasa gatal
b.      Perih
c.       Sensasi panas
d.      Jika pada saat melakukan hubungan intim adanya  keluar cairan warna putih dan nyeri ada kemungkinan sariawan serviks.
e.      Benjolan kecil.
Periksalah benjolan kecil di daerah kelamin anda. Benjolan sekecil apapun patut di curigai karena jika di biarkan akan menyababkan tumor , dan sariawan serviks yang sudah kronis dapat menyebabkan kanker serviks.


   Tidak ada penyakit yang umunya berbahaya  jika kita dapat mencegahnya sedini mungkin, kebersihan organ intim dan pemeriksaan yang teratur menjadi pondasi yang sangat penting untuk masa depan anda.

Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf.
Jangan lupa di like yaa
Wassalamualaikum.

/[ 0 komentar Untuk Artikel waspada sariawan menyebabkan kemandulan]\

Posting Komentar