fans page perut bunyi setelah sarapan

duyy

animasi bergerak gif

perut bunyi setelah sarapan

|| || || Leave a komentar



  



SETELAH MAKAN KOK PERUT SAYA MASIH BERBUNYI ?


   Sebagian masyarakat , ketika lapar perutnya berbunyi atau keroncongan , namun apakah anda para pembaca pernah mengalami perut berbunyi pada saat tidak lapar atau bahkan pada saat habis makan .


   Makanan yang kita makan tidak serta-merta langsung di jadikan energi, namun makanan yang kita makan harus di absorsi (serap) dulu dan sebelum di absorbsi makanan harus di ubah ukuranya menjadi molekul yang paling kecil agar dapat terserap di usus.


   Lambung adalah salah satu organ yang berperan dalam hal tersebut. Lambung  memiliki fungsi gerak pristaltik,  yang mampu mendorong makanan dan menghancunrkan makanan yang kita makan.

Berasal dari manakah perut bisa berbunyi ?

   Perut berbunyi berasal dari gerakan pristaltik lambung yang mendorong makanan ke usus, gerakan pristaltik tidak hanya mendorong namun juga mengaduk makanan yang ada.
   mengaduk    chyme (makan semi padat)  dan gas atau udara. Hasil dari percampuran dan pengadukan tersebut lah yang menyebakan bunyi pada perut kita.

   Pada perut yang masih kosong, tubuh akan mengeluarakan hormon yang akan menstimulasi saraf lokal dan mengirim kan pesan ke otak lalu otak memberikan perintah melalui saraf otonom untuk mengontraksikan perut sehingga gerakan pristaltik perut meningkat. Pada gerakan pertama di lambung bertujuan untuk membersihkan sisa makanan yang masih tersisa di lambung , selanjutnya gerakn ini akan terus berlangsung hingga 10 – 20 menit  sampai lambung betul betul terisi. 

Apakah ini berbahaya ?

   Dalam beberapa kasus perut berbunyi itu adalah normal , namun  perut yang berbunyi terlalu keras atau terlalu sering juga bisa di indikasikan penyakit berbahaya.
   Perlu diingat bahwa bunyi yang dihasilkan oleh gas berlebihan atau gerakan saluran cerna terlalu berlebihan, bisa jadi itu merupakan salah satu tanda ada yang tidak beres di perut seperti sindrom iritasi usus besar, dispepsia, gangguan fungsional atau gangguan patologis lainnya. Pada kasus ini biasanya diikuti dengan keluhan lain pada daerah gastrointestinal seperti bab sulit, berak cair, nyeri perut, mulut berbau, mual atau mudah muntah.

Terus bagaimana saran anda ?

     1.       Makanlah yang teratur.
   Jika anda makan dengan teratur, pengeluaran asam lambung yang menjadi indikasi perut berbunyi dapat di tahan karena pengeluaran asam lambung terjadi secara periodik , di saat jam makan , maka dari itu makanlah yang teratur.

      2.       Harus BAB.
Saya percaya di antara pembaca pasti tidak ada yang mau menyimpan sampah di dalam rumah terlalu lama,  hal ini berlaku juga pada perut kita semakin banyak 'sampah metabolisme' yang disimpan di tubuh maka semakin banyak juga kuman dan bakteri jahat yang berada di tubuh kita.     
   Maka dari itu BAB yang teratur sangat berperan dalam kesehatan pencernaan kita .
 ....
Sekia dari  saya kurang lebihnya mohon maaf , jika anda suka dengan artikel ini tolong di like.
"Satu klik bagi anda sangat berarti bagi saya".

/[ 0 komentar Untuk Artikel perut bunyi setelah sarapan]\

Posting Komentar