fans page interpretasi foto sinar -X

duyy

animasi bergerak gif

interpretasi foto sinar -X

|| || || Leave a komentar






Interpretesi foto sinar X-ray
Pendahuluan dokter senior dan spesialis radiograpi mampu mamandang sebuah foto toraks dan segara menyimpulkan sesuatu diagnosis karena latihan yang bertahun tahun dan mengembangkan apa yang di sebut sebagi “mengenal pola”.
   Bagi mahasisiwa dan dokter non-spesialis untuk menganalisis secara cermat suatu foto toraks di perlukan pemeriksaan foto yang sistemik yang mencakup semua sistem yang ada di foto tersebut
.

 Tidak ada metode yang tepat tetapi anda harus meyakinkan bahwa semua sistem telah di terka anda dapat melakukanya berdasarkan regio . kami membagi berdasarkan sistem organ.
Kerangka untuk melaporkan hasil pemeriksaan foto toraks .
1.       Nama
2.       Tanggal lahir
3.       Tanggal pemeriksaan
4.       Informasi teknis
v  Jenis film
v  Proyeksi
v  Orientasi
v  Rotasi
v  Pejanan (exposure)
v  Inspirasi
v  Inklusi
Ulasan klinis.

o   Informasi teknis.
 Perlu diingat bahwa foto toraks (ches X- ray ) bukanlah suatu irisan dada . ini adalah representasi dua dimensi dari semua strukture internal yang tercipta  ketika sinar X melewati strukture struktur tersebut . bayangan dapat saling tumpang –tindih sehingga kelainan dapat  tersembunyi  atau berbentuk bayangan “gabungan” yang aneh. Karena itu bayangan yang terbentuk dapat dipengaruhi oleh beragam faktor external.


o   Proyeksi
Hal ini merujuk pada arah berjalanan berkas sinar X
·         PA (postero anterior) / (belakaag-ke depan )  kaset film di letakan di depan pasien dan sinar X  memancar dari belakang. ini adalah foto sinar x standar.
·         AP (anterior –posterior) : kaset film diletakan di belakang pasien  dan sinar X di tembakan dari depan . foto AP dapat dilakaukan pada pasien yang tidak sehat yang tidak mampu  berdiri di depan mesin sinar X misalnya jika meraka tidak bangun dari tempat tidur .
·         lateral :pandangan dari sisi kanan dan kiri.
Arah berkas sinar-sinar memiliki konsekuensi untuk penampilan struktur struktur intratoraks, sewaktu meninggalkan mesin ,sianar x mengalami divergensi ,hasilnya adalah bahwa objeck yang terletak dekat dengan kaset film akan tampak  sesuai ukuran aslinya tetapi object yang jauh dari kaset (yang lebih dekat sumber radiasi) akan tampak lebih besar . hal ini terutama penting pada kasus jantung . adalah kurang bijaksana .(sebagian akan mengatakan mustahil) untuk memastikan ukuran jantung sebenarnya pada foto AP karena jantung terleak jauh dari kaset.
Posisi sinar X standar di ambil ketika pasien berdiri . setiap penyimpangan dari posisi  ini akan ditandai dengan di film sehingga anda dapat belajar lebih banyak tentang pasien dan menyesuaikan penilayan anda terhadap foto yang di hasilkan .
Duduk mengisyaratkan sakit berat karena pasien tidak mampu berdiri
1.        Diafragma akan meninggi secara artifisial ,pengembangan paru akan berkurang jaringan lunak di depan pasien kemungkinan berlipat.
2.       Terlentang atau teleungkup mengisyaratkan sakit yang lebih berat
3.       Struktur struktur di dalam dada akan bergeser ,distribusi darah di paru akan berbeda batas cairan tidak akan terlihat.

Orientasinya Foto harus memiliki penanda posisi biasanya hanya ada satu sisi yang di beri label (misalnya R atau L )
Foto harus di reperesentasikan seolah olah anda melihat ke pasien . yaitu sisi kanan pasien berada di kiri anda  dan sebalikanya.
Pastikan bahwa sesui penanda berada di sisi yang tepat hati hati terhadap kasus  dekstrokardia yang jarang .

Rotasi.
Foto harus di ambil dengan pasien membelakangi sinar untuk film PA
Anda harus memastikan hal ini karena rotasi dapat menyebabakan peanilaiyan abnormal mediasternum dan struktur lain.
1.       Perhatikan preodsesus spinoseus vertebra toraks . prosesus prosesus ini hanya terlihat di bagian tengah setiap tulang.
2.       Perhatikan juga jarak jarak antar ke dua ujung medial klivikula dan prosesus spinous vertebra terdekat (keduanya harus sama )

o   Pejanan (exposure)
Pejanan yang sesuai terutama tergantung pada pasien . terlau sedikit akan menyebabkan paru-paru  tampak lebih putih , terlalu banyak akan meneyebakan lebih gelap dan tanda tanda kelainan  yang hilang.
1.       Sebagai patokan anda harus dapat membayangkan korpus vertebra toraks  melewati bayangan jantung.

o   Inflasi.
Foto fotraks harus diambil adlam keadaan paru mengembang penuh .inspirasi yang kurang  dapat  paru tampak lebih padat , menarik trakea ke kanan , dan menyebabkan jantung nampak lebih besar.
Di posterior hanya terilihat 9  iga
1.       Hitung dari atas kebawah tetapi hati hati karena pasangan pertama iga sering sulit di bedakan dari klavikula.
2.       Untuk memastikan , temukan ujung anterior iga pertama dan telusuri ke pasterioer , iga ke 2 cukup terlihat dekat ke bawahnya .
Gambaran
·         Hitam – gas
·         Abu abu gelap – lemak
·         Abu abu terang – jaringan lunak dan cairan
·         Putih – tulang dan klasifikasi
·         Putih pekat –logam.

/[ 0 komentar Untuk Artikel interpretasi foto sinar -X]\

Posting Komentar