fans page pemeriksaan dada pada ISPA

duyy

animasi bergerak gif

pemeriksaan dada pada ISPA

|| || || Leave a komentar



  



INSPEKSI DADA.


 Lihatlah bentuk dan gerakan dada secara cermat.
  Tanda-tanda di permukaan dada.
·         Periksa keseluruhan dada untuk mencari adanya jaringan parut dan lesi.


·         Jaringan parut : mungkin menunjukan riwayat oprasi . perhatikan terutama garis mid-aksila untuk mencari berkas drainase toraks.
·         Radioterapi : akan sering menyebabkan penebalan dan eritma kulit untuk menetap lama.
·         Vena : lihatlah pembuluh permukaan yang  menonjol.

BENTUK 

  Deformiktas :  adakah asimetri bentuk ?.  Ingatlah untuk memeriksa tulang belakang untuk melihat adaya skoliosis atau kifosis.
Bedah :  pasien TB dari tahun 1940an dan 1950an mungkin menjalani oprasi yang mungkin menyebabkan deformitas mayor yang menetap (torakoplasti).
Dada tong” (barrel chest): toraks membulat dengan diameter anteroposterior meningkat. Hiperinflasi , suatu penanda penyakit paru terkait-rokok.
“pektus karinatun” : juga di sebut “dada burung dara”  . sternum dan tulang rawan iga menonjol . disebabkan oleh peningkatan upaya bernapas  ketika tulang-tulang masih lentur  pada masa anak ; asma, rakitis.
“Pektis ekskavatum” juga di sebut dada corong” , sternum dan  tulang rawan iga tampak cekung  ke dalam dada . suatu defek (cacat) perkembangan, biasanya merupakan varian normal tanpa patologi signifikan.
Emfisema bedah : udara di jaringan lunak akan muncul sebagai pembengkakan difus, khususnya di leher dan mungkin terasa gemeretak.

POLA BERNAPAS :
Kembali amati kecepatan dan kedalaman bernapas.
   Napas cepat dan dalam dijumpai pada keadaan cemas.
Napas dalam sembari menghela napas “repirasi kussmaul” = asidosis sistemik.
Napas chyne stokes :  pola napas bergantian  antara bernapas teratur dalam dan bernapas dangkal sangat lambat . penapasan jenis ini akibat kegagalan regulasi  pernapasan normal dalam merespon kadar Co2 darah.
Fase ekspirasi memanjang = penanda hambatan aliran keluar , menunjukan penyakit  paru terkait-rokok jika di sertai bernapas melalui mulut yang mencucu.

GERAKAN :
   Amati gerakan dinding dada sewaktu bernapas, dalam keadaan istirahat. Juga minta pasien untuk menarik dan menghembuskan napas dalam-dalam beberapa kali dan amati secara cermat.
Periksa asimetri :  penurunan gerakan meunjukan penyakit paru di sisi tersebut.
Penurunan gerakan secara menyeluruh di jumpai oleh penderita PPOK , di sertai gerakan “pump handle”  iga (hanya membentuk sendi di posterior  di bandingkan dengan “bucket handle”  normal (bersendi di depan dan belakang).
“sulkus harison” adalah cekungan pada iga-iga bawah tepat di atas Arcus costalis dan menunjukan asma berat pada masa anak.

Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf.
Jika anda suka dengan postingan ini anda bisa men-like atau share , anda juga bisa bertanya di forum kami atau browsing di blog kami.
Blog ini berisi materi keperawatan dan kedokteran
Wassalmualikum.
/[ 0 komentar Untuk Artikel pemeriksaan dada pada ISPA]\

Posting Komentar