fans page Hubungan antara gigi berlubang dengan penyakit berbahaya

duyy

animasi bergerak gif

Hubungan antara gigi berlubang dengan penyakit berbahaya

|| || || Leave a komentar


arteroklerosis



HUBUNGAN GIGI BERLUBANG DENGAN PENYAKIT BERBAHAYA.


Apa ada yang menyangka bahwa gigi yang tidak terurus atau  gigi yang berlubang dapat menyebabkan, stroke dan bahkan gagal
jantung.
Hubungan antara gigi dengan stroke   memang belum banyak kita ketahui, namun hari ini saya akan membahas hubungan gigi berlubang dengan penyakit berbahaya lainya.
Untuk pendahuluan mari kita mempelajari   anatomi fisiologi gigi terlabih dahulu dan kaitanya dengan tubuh kita.
Rongga mulut (oral cavity) berisi gigi yang berfungsi untuk mengunyah makanan,
Seperti yang kita ketahui pada anak-anak gigi  terdapat 20 gigi susu, yang terdiri dari
·         8 gigi seri (incisive)
·         4 gigi taring (caninn) dan
·         8 gigi graham (molar)

 Nah gigi pada anak ini akan berhanti seiring perjalanya waktu, pada usia 7 tahun tahap pergantian gigi susu menjadi  gigi dewasa di mulai.
ada orang dewasa terdapat 32 gigi . yang terdiri dari
·         8 gigi seri (incisive)
·         4 gigi taring (canin)
·         8 gigi  (premolar)
·         12 gigi graham. (molar)
Gigi molar pada gigi susu digantikan oleh premolar pada gigi orang dewasa.
. lapisan-lapisan  gigi terdiri dari
·         email yaitu lapisan gigi yang paling keras
·         dentin dan
·         saraf (pulpa dentis).
Setiap gigi memiliki akar, yang berebeda dan puncak yang berbeda ( korona) .

v  Kapan terjadinya gigi berlubang ?
 Banyak pendapat soal ini namun yang pasti adalah gigi berlubang ini tidak  langsung menjadi lubang namun, dari lubang kicil dahulu lalu menjadi lubang yang  besar dan tahap ini paling sering terjadi pada saat tidur.

v  kenapa saat tidur ? 
  karena saat tidur tubuh mengurangi produksi air liur kita yang mengandung enzim lisozim yang berfungsi sebagai anti bakteri, hal ini lah menjadi salah satu pencetus gigi berlubang.
Ø  Mekanisme terjadinya gigi berlubang.
Para medis menyebutkan hal-hal yang dapat memicu terjadinya lubang pada gigi. Kondisi semacam ini dikarenakan ada pembusukan pada salah satu gigi. Ada semacam pertemuan antara bakteri dan zat gula dalam gigi yang tidak dibersihkan. Bakteri tersebut akan mengubah zat gula menjadi rasa asam. Asam ini pada akhirnya akan membuat kondisi gigi menjadi asam sehingga menimbulkan lubang kecil pada gigi. Namun ketika lubang kecil mulai tumbuh kita memang tidak akan langsung merasakan rasa sakit, lubang yang mulai muncul lagi akan menciptakan sela untuk sisa makanan yang mengendap pada gigi. Bakteri pun akan semakin membuat lubang pada gigi menjadi besar. Kondisi demikian barulah memicu rasa sakit gigi berlubang.

v  Jika asam yang menyebabkan gigi berlubang berarti kami tidak boleh makan yang asam dong ?
 Dari  penguraian di atas bakteri yang berinteraksi antara zat manis(glukosa)  akan mengubah nya menjadi asam, dan akan menyebabkan rusaknya lapisan email pada gigi. Makan–makanan  yang asam dapat membunuh sejumlah bakteri tersebut namun dalam jumlah yang terbatas. Sebagai  contoh, makanlah apel 1/hari karena dapat menyebabkan bakteri pada gigi  tersubut akan  musnah dan gigi akan bersih  namun, ketika makan apel tersebut berlebihan malah memberikan efek yang buruk pada gigi  yang dapat merusak email pada gigi kita.

v   Apa yang di lakukan  oleh Bakteri yang menetap di gigi kita ?
Lubang yang semula hanya satu dan ukurannya kecil, bisa saja menjadi besar dan jumlahnya banyak sehingga melebar. Bakteri memang begitu cepat dalam proses untuk menciptakan lubang-lubang tersebut, jika sudah begitu maka kuman penyakit tersebar luas. Bakteri akan terus membuat tingkat asam pada gigi menjadi meningkat, dengan begitu semakin banyak sela untuk sisa makanan dibuat. Sakit gigi berlubang bertambah parah hanya karena bakteri tidak cepat lenyap.

Kapan harus berobat ?
 Jawabanya adalah sedini mungkin, tidak ada yang lebih baik selain tindakan pencegahan namun, ketika gigi yang berlobang  sudah terlampau besar lubangnya maka bakteri tersebut sudah membangun “desa” di gigi anda dan akan siap membuat “negara” dan jika terlampau parah maka sakit tidak terelakan lagi.
Periksalah ke dokter anda dan periksalah secara teratur jika gigi anda berlubang. Dan rajinlah bersikat gigi 2x sehari dan jangan lupa sikat gigi di malam hari (ini bukan iklan ya sobat kampus hahah)

Beranjak dari gigi saya akan mebahas pembuluh darah dan organ yang mengompanya namun, saya  membahas di sini hanya intinya saja.

JANTUNG.
Adalah organ yang seukuran kepalan tangan kita terletak di samping kiri sternum (tulang dada yang di tengah)
Jantung kita ibarat mesin pompa maka selangnya adalah pembulih darah,
Ada 2 pembuluh darah yaitu vena dan aorta / arteri , selain itu juga ada kapiler berbentuk sehalus rambut, fungsinya adalah  menjadi tempat pertemuanya atau pertukaran nutrisi.
Ø  Arteri/ aorta dan vena
Arteri memiliki  3 lapisan yaitu
·         Lapisan luar (tunika adventisa) teridiri dari jaringan fibrus (jaringan ikat)
·         Lapisan tengah ( tunika media) terdiri dari lapisan otot
·         Lapisan paling dalam dan paling licin  yang terdiri dari lapisan endotelium.
·         Vena memiliki struktur sama seperti arteri namun, di tengah /lapisan ototnya paling tipis tidak kuat dan mudah kempis.
·         Vena juga memiliki katup yang berfungsi untuk  mencegah darah kembali ke bawah.
Nah pembulih darah ini tentunya  ada yang di tampungnya atau di alirkanya , di dalam pembuluh dara sendriri terdiri dua  yaitu
·         Plasma darah yang terdiri sekitar 55%
·         Dan sel darah yang terdiri sekitar 45%.
Sel darah sendiri terbagi menjadi 3 yaitu
·         Sel darah putih (normal 6000-8000
·         Sel darah merah normal 5000.000
·         Trombosit(sel pembuk ) normal 300.000.


Lalu apa hubunganya dengan gigi berlubang ?
 Seperti yang sudah saya bahas di atas bahwa gigi berlubang dapat mencetus penyakit penyakit berbahya lainya seperti stroke, bahkan penyakit jantung.
 Hubunganya  adalah terletak di gigi yang terbuka. Gigi yang terbuka akan mudah membuat inflamsi dan kerusakan pada pembuluh darah kita dan akan berefek fatal bagi kesehatan kedepanya. Penyakit pembuluh darah yang sering terjadi adalah arteroklerosis.
Perlu anda ketehui bahwa arteroklerosis bukan hanya akibat penumpukan lipid (lemak) dan kalsium atau sumsum tulang, namun juga akibat dari peradangan (inflamasi) dan salah satunya adalah peradangan pada gigi tersebut.
Arteroklerosisi itu sendiri menurut dr Salma adalah 
Aterosklerosis adalah suatu kondisi berupa pengumpulan lemak (lipid) di sepanjang dinding arteri. Lemak ini kemudian mengental, mengeras (membentuk deposit kalsium), dan akhirnya mempersempit saluran arteri sehingga mengurangi suplai oksigen maupun darah ke organ-organ tubuh. Timbunan lemak yang mengeras di dinding arteri ini disebut plak. Bila plak menutupi saluran arteri sepenuhnya, jaringan yang disuplai oleh arteri akan mati. Bila arteri jantung (arteri koroner) yang tersumbat, Anda akan terkena angina, serangan jantung, gagal jantung kongestif, atau irama jantung abnormal. Bila arteri otak (arteri serebral) yang tersumbat, Anda akan terkena stroke, baik stroke ringan ataupun stroke berat.Temporal Artery Aneurysmphoto
Komplikasi aterosklerosis terjadi bila sebuah plak pecah dan bermigrasi melalui arteri ke bagian lain. Plak yang beredar ini disebut emboli atau embolus, yang terdiri tidak hanya lemak tapi juga sel-sel mati, gumpalan darah dan jaringan berserat yang tercerabut. Emboli dapat menyebabkan kerusakan karena menghalangi aliran darah di tempat tujuan, sehingga jaringan kekurangan oksigen dan mati.

Kesimpulanya banyak faktor pencetus penyakit jantung dan stroke, salah satunya adalah gigi berlubang yang sudah di jelaskan di atas. Tidak ada pengobatan yang baik selain pencegahan rajinlah menyikat gigi 2 x sehari.
Jangan lupa jika tidak ada gigi berlubang bukan berarti anda aman dari penyakit tersebut, karena faktor kebiasaan ,pola makan dan stres juga berperan penting.
 Sekian dari saya  salah kurang lebihnya saya  mohon maaf,  jangan lupa di komen atau di like ya
Wassalamualaikum.

/[ 0 komentar Untuk Artikel Hubungan antara gigi berlubang dengan penyakit berbahaya]\

Posting Komentar