fans page JANGAN ABAIKAN ADZAN

duyy

animasi bergerak gif

JANGAN ABAIKAN ADZAN

|| || || Leave a komentar







JANGAN ABAIKAN ADZAN.

Sebagian muslim meyakini bahwa adzan hanya di peruntukan untuk sholat jam’ah  dan hanya untuk kaum lakil-lakinya.
 Pada hari ini akan saya jelaskan tentang kesalahan –kesalahan adzan yang biasa di lakukan oleh kaum muslim di zaman sekarang.
Bismillahirahmanirohim..

     1.        Adzan bukanlah sunnah namun adzan adalah  fardu kifayah .
1Abu darba berkata “aku mendengar rasullulah bersabda. 

tidaklah ada tiga orang yang mengumandangakan  adzan, tidak pula menagakan sholat jama’ah  di antara mereka melainkan setan telah menguasai mereka.”
Imam Asy Syaukani berkata “hadits ini menjadi dalil atas wajibnya adzan dan iqamah”. Sebab, dengan meninggalkanya termasuk jenis penguasaan setan yang wajib di jauhi . adapun mengenai hukum wajibnya adzan dan iqamah adalah sebagaimana kebanyakan pendapat sahabat antara lain Ahmad bin hambal, Malik dan Al-Isthikra dalam al-bahr . demikaian juga pendapat mujahid dan Al auza’i.

Syaikhul islam berkta “adapun yang menyangka bahwa adzan adalah  sunnah , meninggalkanya tidak berdosa serta tidak ada hukumnya  , maka ini merupakan pendapat keliru. Sesungguhnya adzan merupakan syi’ar negeri islam . disebutkan dalam Ash-shahih bahwa Rasuululah menggantungkan halal –tidaknya sebuah penduduk perkampungan untuk di serang dengan meningalkan adzan. Beliu menunngu adzan subuh  terlebih lebih dahulu , bila terdengar adzan subuh dari penduduk tersebut , beliau urungkan menyerang,jika tidak ada adzanya maka beliu akan menyerangnya. Asy-syaukani berpendapat wajib dalam kitab As-sail (1/196)
...
2. keyakinan bahwa sholat sendiri tidak perlu adazan.
Sebagai kaum muslim ketika sholat di musholah atau mesjid mereka hanya masuk sholat ,doa, dan keluar  tanpa melakukan  adzan sama sekali dan bahkan tanpa sholat berjamaah .Abu said akl kuhdri menuturkan bahwa rasullulah bersabda.
aku melihat engkau menyukai kabming dan padang gembala bila engkau berada di antara kambingmu atau padang gembala,kumandangkanlah adzan untuk sholat mu dan keraskanlah suara panggilanmu. Karena tak sesuatu pun baik dari kalangan jin, manusia, atau benda, mendengar sejauh  suara muadzin , kecuali akan menjadi saksi baginya pada hari kiamat”.

 Nabi juga bersabda
Rabb-mu azza wa’jalla kagum pada pengembala kambing di puncak gunung yang mengumandangkan adzan lalu mengerjakan sholat. Berfirmanlah Allah aza wa’jalla ‘lihatlah pada hamba KU ini yang mengumandangakn adzan dan menegakan sholat karena takut kepada KU . sungguh telah aku ampuni hambau KU ini dan aku masukan ia ke surga.

Imam Asy syaukani berkata “ hadist tersebut menunjukan di isyaratkanya adzan bagi orang yang sendirian”. Dengan demikian layak sebagai bantahan atas pendapat orang bahwa mensyaraatkan adzan adalah khusus untuk sholat jama’ah dalam hadits tentang adzan ini juga mengadung sebab-sebab pengaampunan dosa.


sekian dari saya
 kesimpulanya adalah apa pun yang kita lakukan semua ada mata rantai yang mengalir dari masa lalu sampai masa sekarang , jadi sebelum melakukan lihatlah apakah ada hadis yang shahih tentang tindakan kita dan jangan sampai termasuk orang-orang yang rugi, dan orang-orang yang tertipu daya oleh setan . semoga penyampain di atas menjadi berkah buat kita dan semoga kita di berikan jalan yang lurus .
wassalamualaikum .
/[ 0 komentar Untuk Artikel JANGAN ABAIKAN ADZAN]\

Posting Komentar