fans page komplikasi yang terjadi pada pasien PJK

duyy

animasi bergerak gif

komplikasi yang terjadi pada pasien PJK

|| || || Leave a komentar




 komplikasi yang mungkin terjadi pada pasien PJK


 Untuk pasein yang mengalami penyakit PJK atau penyakit jantung koroner maka wajib anda mengetahui komplikasi yang bakalan menimpa anda.

Berikut adalah beberapa komplikasi dari PJK (penyakit jantung koroner)
Pendahuluan.
penyakit jantung koroner adalah penyakit akibat penyempitan dari pembuluh darah jantung (korona/koroner) ,pembuluh darah ini sangat sempit sehingga mudah sekali menyepit , biasa yang membuat menyempit pembuluh darah ini adalah arteroklerosis (penumpukan kolestrol ,lemak,calsium dan susum tulang ) yang setiap hari semakin menumpuk dan akhirnya terjadilah penyakit jantung koroner.
Tanpa kita sadari arteroklerosis ini sebenranya mulai terbentuk pada kita anak-anak atau remaja. Dengan  pola makan yang tidak sehat akan  meningkatkantkan kemungkinan arteroklorisis akan muncul di usia muda.
Berikut adalah macam macam komplikasi yang kemungkinan akan di derita oleh penderita penyakit jantung koroner ini.


Komplikasi
Serangan jantung

   1.       - Serangan jantung yang mengancam jiwa menyebabkan infark myocardium(kematian otot jantung) karena persediaan darah tidak cukup.

Arteroklerosis yang awalnya menumpuk di arteri korona ini akan menyebabkan infark myokardium yaitu ke gagalan otot jantung akibat kekurangan, namun sebelum mengalami infark biasanya tubuh memberikan kode terlebih dahulu yaitu nyeri dada (angina perctorais) , nyeri dada ini ada 3 jenis yaitu angina stabil dan angina unstabil , angina variant.
Untuk mengatasi infark dan nyeri dada ini  dengan  menjaga pola makanan terlebih dahulu untuk mencegah terbentuknya arteroklerosis dan spasme (kejang) .

   2.       syok kardiogenik dan aritmia

     
   
Syok kardiogenik.
Pembaca bisa melihat gambar di atas , apa yang anda bayangkan ketika melihat gambar di atas ?
syok kardiogenik adalah  Suatu sindroma klinis yang kompleks dimana jantung tidak mampu mempertahankan yang  adekuat untuk memenuhi kebutuhan metabolisme tubuh yang ditandai dengan menurunnya kesadaran sampai koma. (Cardivaskuler disrde, Mosby company Mary M. Cannibbio 1990.
Syok kardiogenik ini disebabkan oleh penyakit koroner dan IMA yang dapat melemahkan otot jantung sehingga jantung tidak mampu memompa darah dan akhirnya dapat menurunkan kesadaran dan bahkan sesak.
Bagaimana pencegahanyanya ?
Pencegahan syok kardiogenik adalah dengan membatasi aktifitas sehingga peningkatan metabolisme dan kebutuhan oksigen dapat di cegah,
pengobatan
Inotrofik : Dopamin atau Dobutamin / keduanya (saya tidak membahas obat , namun jika anda bingung dengan obat diatas anda bisa search di google)
Aritmia
Adalah abnormalnya irama jantung.
Impuls normal jantung berasal dari SA node dan AV node dan berkas HIS dan sistemm purkinyje.
Untuk mengetahui aritmia ini hanya dengan pemeriksaan EKG,
Pada hakikatnya aritmia ini tidak berbahaya namun dalam beberapa kasus dapat mengindikasikan penyakit berbahya ,pemerikasaan dan diagnosa yang tepat oleh dokter anda dapat mencegah aritmia semakin parah.


    3.        Gagal jantung kongestif
ketika penyakit jantung koroner semakin parah maka gagal jantung kongestif tidak dapat di elakan lagi, gagal jantung memiliki rasa nyeri yang hebat berbeda dengan nyeri angina yang hanya sebentar (5-10 menit atau lebih), gagal jantung  dapat merusak sel sel di jantung.
Untuk pencegahan gagal jantung ini adalah mengetahui tanda-tanda awal dari penyakit jantung itu sendiri  seperti nyeri di dada dan rasa yang tidak enak di daerah dada sebelum bertambahnya parah penyakit jantung dan sebelum dokter mendiagnosa gagal jantung  Karena jika dokter sudah mendiagnosa gagal jantung maka kemungkianan besar tidak dapat di sembuhkan 100 %.    

      4.        Tekanan darah tinggi (hipertensi)
Hampir semua orang tua pasti menderita hipertensih hal ini di karenakan oleh pembuluhn darah yang ‘kejang’ atau kurang elastis lagi yang dapat menyebabkan tekanan naik (coba bayangkan selang yang menyempit / kurang elastis maka tekanan air yang mengalir dapat naik dan begitu juga dengan tekanan darah kita)
Penyakit jantung koroner juga dapat menyebabkan hipertensih karena arteroklerosis yang membuat plak di pembuluh darah kita dan akhirnya meningkatkan tekanan darah              .
  5. - Diabetes
Penyakit gula satu ini adalah penyakit yang paling di takuti karena jika sudah terkena diabatets komplikasi  akan dapat dilahirkan oleh diabtaes.
Penyakita diabetes ini di akibatkan oleh hormon insulin yang sedikit atau ketrunun juga memgang peranan penting.
Gula yang berada di peredarahan menumpuk akibat sedikitnya insulin di tubuh (ibarat barang dagangan yang banyak namun komsumen yang sedikit sehingga barang tersebut semakin menumpuk) begitu juga dengan gula yang berlebihan namun insulinya yang sedikit sehingga darah dapat menumpuk di peredaran darah.
Untuk mengtasi penyakit ini  adalah dengan  mengontrol nilai normal gula darah setidaknya sebulan sekali,  dan jika anda memakan makanan yang memiliki jumlah glukosa (gula) yang cukup tinggi anda bisa mengunyah makanan tersebut 70 kali kunyahan untuk membantu memeperingankan kerja tubuh dalam memperoses gula.
Sekian dari aya kurang lebiihnya mohon maaf, jika ada yang di tanyakan anda bisa bertanya di bawah ..

Wasalamualaikum.



/[ 0 komentar Untuk Artikel komplikasi yang terjadi pada pasien PJK]\

Posting Komentar