fans page Meninggalkan sholat jama'ah apakah dosa besar

duyy

animasi bergerak gif

Meninggalkan sholat jama'ah apakah dosa besar

|| || || 1 komentar






MENINGGALKA SHOLAT JAMA’AH ADALAH DOSA BESAR.

Pendahuluan,
Assalamulaikaum para pembaca sekalain kali ini saya  membahas tentang hukum wajibnya sholat berjama’ah . mungkin kita sering melupakan ini bahkan mengabaikan atau meremahkan hal ini, kita selalu mengikuti hawa nafsu kita sehingga hal yang sebenarnya wajib  ini sampai berani kita remehkan.
Adalagi pendapat  Yang mengatakan sholat berjama’ah itu sunnah, atau sunnah mua’akad

Syeikh al-albani
mengatakan dalam kitab ‘Tamamul minah’ menanggapi orang yang berpendapat bahwa hukum shalat berjamaah  adalah sunnah mu’akad “penulis kitab fiqhus sunnah”  telah menganggap remeh tentang hukum ini . sesunggunhnya , makna sunnah muakadah menurt para ahli fiqih , yaitu orang ynag meninggalkan tidak berdosa dan yang melakukan mendapatkan pahala, lalu bagaimana ini bisa bisa di benarkan pada perkara orang yang tidak ikut sholat berjamah , sedangkan rasullulah telah bertekad akan membakar rumah –rumah orang yang tidak melaksankan sholat berjamaah, sebagiamana dicantum dalam hadits.
Iamam ibnu qayyim berkata “tidaklah nabi ingin membakar rumah rumah karena sekedar melakukan dosa kecil , akan tetapi  meninggalkan sholat berjamaah termasuk dosa besar.
 Bagaiman bisa di benarkan sedangkan Rasul pernah berkata pada seorang yang buta “datanglah” padahal kondisinya pada saat itu sedang buta  dan tidak ada yang menuntunya ke mesajid. Sebagiamana  tercantum dalam hadits bahakan pada saat itu jalan di penuhi dengan pepohonan dan bebatuan sebagaiman dalam riwayat yang shahih.
Apakah ada hukum  yang berkumpul di dalamnya sebagaiman qarinah (kolerasi) di atas yang menguatkan akan wajibnya, bersamaan dengan itu dikatakan ini tidak wajib ?.
 Demikaian juga dalam sabda beliau mengatakan “kecuali setan telah menguasai mereka....” merupakan dalil terkuat atas hukum wajibnya sholat berjamaah. Sebab orang yang meninggalkan satu sunnah , bahkan sunnah seluruhnya meskipun menjaga yang wajib , tidak akan di katakan,...kecuali setan telah menguasai mereka.” Juga sebagaiman yang diisyaratkan  dalam hadits arab badui (arab gunung yang minta nasehat pada rasululah)  “ia akan masuk surga jika dia jujur” .

Kesimpuulan , bahwa sholat berjamaah itu bukanlah hal yang mudah atau gampang di remehkan karena tanggung jawabnya besar, ingatlah  bukankah kita semua ini ingin masuk surga, dengan melaksankan 17 raka’at yang di wajibkan, namun apakah kita melupakan hal yang sangat penting yaitu sholat berjamaah , dan bahkan jika dilihat dari keterangan di atas saya pribadi bisa mengatakan meninggalkan sholat berjamaah termasuk dalam dosa yang besar bagi kaum laki-lakinya.
Terus apakah kita masih malas dan menggunakn kebiasaan dengan berdalih alasan. Terus kurang cukupkah pengetahuan dan hadis di atas untuk mendongkrak  dan membarikan kepastian tentang sholat berjamaah.
Semoga Allah ,meridhoi kita dan semoga jalan yang kita lalui di berika  petenjuk
“kita ini sesunggunhya mati kecuali, orang-oarang yang berilmu dan orang-oarang yang berilmu pada hakikatnya tidur kecuali , orang-oarang yang mepraktekan ilmunya dan orang yang meperaktekan ilmunya banyak yang sesat kacuali oarng –orang yang beriman”.
Sekian dari saya wassalamulaikaum .
/[ 1 komentar Untuk Artikel Meninggalkan sholat jama'ah apakah dosa besar]\
Hipnoterapi Ilmah Banjarmasin mengatakan...

semoga kita istiqomah sholat jama'ah . ditunggu berkunjung ke www.sukses-bahagia.com

Posting Komentar