fans page segmen ST

duyy

animasi bergerak gif

segmen ST

|| || || Leave a komentar




segmen st pada ekg




SEGMEN ST

Segmen ST  adalah bagian EKG  dari akhir kompleks QRS  ke awal gelombang T dan merupakan suatu garis isoelektrik, pada EKG normal  perubahan segmen ST mungkin bisa dikarenakan oleh iskemia dan infark myocar akut.

Elavasi ST.
 Derajat dan tingkat elavasi sangatlah  penting dalam interpretasi EKG karena menentukan apakah perlu di pertimbangakan terapi
reperfusi (trombosis atau pcl primer.)
Penyebab elavasi ST
·         IM akut ST elavasi akut  konveks di sadapan yang terkena (gambaran batu nisan ) dan sering di jumpai depresi ST di sadapan yang berlawanan (AVr)
·         Perikarditis. Elevasi ST yang konkaf luas (berbentuk pelana )
·         Aneurisma ventrikel kiri: elavasi mungkin menetap seirinng waktu.
(Notes: perikarditis adalah peradangan pada selapaut jauntung  . Infark myocard di bagi menjadi tiga fase  . fase akut, sub akut dan fase old yang masing –masing memiliki gelombang Q patologis)

Depresi ST
Depresi ST mungkin horizontal ,miring ke atas, atau miring kebawah.
Penyebabp depresi ST
·         Iskemia miokardi um :deperesi ST horizontal dan gelombang T tegak . dapat di sebabkan oleh penyakit arteri koronaria atau  penyebab lain mislanya : anemia,stonosis aorta dll
·         Toksisitas digoksin :miring kebawah
·         Perubahan non-spesifik depresi segmen ST yang sering berupa miring ke atas mungkin merupakan varian normal dan deperkirakan  tidak berkaitan dengan patologi apapun.
 Dalam pemeriksaan EKG olahraga yang tampakanya memicu perubahan –perubahan iskemik, tingkat ,waktu, dan sifat perubahan ST dapat membantu menghitung kemungkinan penyakit jantung iskemik.
Notes: iskemik adalah keadaan dimana tubuh kekurangan pasokan oksigen, namun jika kedaan ini terus berlangsung lama dan akan menyebabkan Angina pectoralis dan bahkan bisa menyababkan infark myocardium.

INFARK miocardium
Dalam jam pertama setelah IM EKG dapa berbentuk normal  bila terjadi perubahan namun jika terjadi perubahan , maka perubahan tersebut biasanya memiliki perubahan sebgai berikut.

·         Segmen ST menjadi terangkat dan gelombang T memuncak
·         Terbentuknya gelombang Q patologis.
·         Segmen ST kembali ke garis basal namun gelombang T terbalik .
sadapan sadapan tempat terjadinya perubahan perubahan ini memungkinkan mmengidentifikasi bagian bagian jantung yag telah terkena dan menentukan artery koronaria yang mungkin tersumbat.
·         Anterior- v2-v2
·         Anterolateral I avl; v5 v6
·         Inferior III avf kadang terdapat di lead II juga.
·         Posterior :depolirasi lazim bagian posterior ventrikel kiri lenyap ,sehingga terjadi gelombang R yang dominan di V1 .
·         Ventrikel kanan sering tidak memperlihatkan perubahan pada ekg 12 sadapan . jika terdapat kecurigaan klinis maka sadapan diletakan di bagian kanan dada cermin, dari pola normal dan di beri label V1,V2R V3R dan seterusnya.
Notes: pada infark myocard fase akut biasanya terdapat gelombang Q patologis dan ST elevasi , dan pada fase sub akut terdapat gelombang Q patologis dan juga gelombang ST yang depresi, namun pada fase old hanya terdapat gelombang Q patolgis saja.

/[ 0 komentar Untuk Artikel segmen ST]\

Posting Komentar