fans page Tips tips sederhana untuk mencegah flu

duyy

animasi bergerak gif

Tips tips sederhana untuk mencegah flu

|| || || Leave a komentar



MENGAPA SAYA SERING TERKENA FLU/PILEK.
Sahabat sobat kampus sekalin mungkin pernah mengalami flu /pilek ini namun apakah di antara kalian ada pernah terkena flu hampir setiap hari ,istilahnya itu tiada hari tanpa flu Sehingga menggaungu aktifitas,  apalagi kalau ada dosen masuk kita  masih dengan flu , sudah menggangu  konsentrasi belajar ,nyabar virus pula. betapa mendieritanya hidup .
Nahh sebelum kita mengetahui penyebab virus dan tips tips
cara manangkal  flu mari kita mengetahui struktur anatomi dan fisiologi hidung kita.
Hidung
Selain sebagai indara pencium hidung kita juga sebagai alat pernafasan yang memiliki struktur yang baik dalam menangkal debu dan virus . di dalam hidung  banyak sekali pembuluh darah  yang  dilapaisi oleh selaput lendir(epitel berlapis pipih,) dan silia (nostril), semua sinus  terhubung ke dalam hidung ini. Hidung juga memiliki konklea (pengatur suhu udara yang masuk kedalam hidung)
Fungsi hidung.
1.       Sebagia jalan nafas
Air way / jalan napas, udara yang masuk dari lingkungan external tubuh masuk ke dalam tubuh  melalui hidung ini selain lewat hidung bisa juga lewat mulut namun prioritas utama adalah bernapas lewat hidung.
2.       Air conditioning /Sebagai alat pengukur kondisi  udara
Ini adalah salah satu dari fungsi konklea di hidung tersebut, udara yang cukup dingin akan di hangat melalu konklea ini dan udara yang agak terlampau panas akan di hangatkan melalui organ itu juga. Namun perlu di perhatikan ketika udara yang kita hirup terlalu dinigin maka kita akan pilek dan begitu juga ketika kita menghirup udara terlalu panas maka paru paru kita akn terbakar (burn).
3.       Alat pengindra
Bebauan yang kita hirup akan di terjemahkan dan di hanrtakan melalui n.olfaktorius  (saraf olfaktorius)  saraf ini di lapisi sel sel yang sangat khusus  yang mengeluarkan fibril fiebril halus.
Bebauan ini akan sampai di otak bagian temporalis.  Perlu anda ketahuai  bahwa rasa pencuiman kita di rangsang oleh gas yang terhirup  ,rasa penciuman ini sangat peka  dan kepekaanya mudah hilang  sebagai contoh jika kita berada di daerah yang berbau cukup lama  maka kita cenderung tidak terlalu peka dengan bau tersebut, dibandingkan dengan waktu kita pertama kali berada di tempat bau tersebut.
4.       Refles nasal
Rongga rongga hidung merupakan reseptor ketika kita bersin maka hidung ini akan otomatis mengeluarkan lendir dari selaput mokusa hidung.
5.       Penyaring udara
Udara yang masuk tidak selama bersih selalu ada benda asing atau antigen/virus  yang masuk kedalam tubuh kita  disinilah fungsi silia (bulu hidung)  mereka akan menyaringnya dan mengeluarkanya dalam bentuk lendir  dan lain lain.
Selain diatas masih banyak  lagi fungsi –fungsi hidung yang belum saya tuliskan anda bisa beowsing di internet untuk hal itu,
Ada beberapa tips dalam mengatasi dan mempreventif (mencegah) flu itu datang
  1.       Berwudhu dan berkumur
Jika anda kurang percaya dalam mengatasi  flu hanya dengan berwudhu maka cobalah, di dalam gerakan berwudhu ada yang membasuh hidung dengan air  hal ini lah yang mampu membersihkan rongga hidung kita, sehingga kemungkinan terkena flu akan di minimalisir.   selain kita dapat pahala kita juga mendapatkan kesehatan dari berwudhu ini. SUBHANALLAH.
Berkumur  juga dapat mencegah (preventif) flu  hingga 30%  karena dengan berkumur mampu membilas viris /bakteri yang ada pada rongga mulut kita dan mampu menciptakan  lingkungan mulut kita agak basa.
  2.       Gantilah seprai dan sarung bantal anda.
    Ada peneletian bahwa kasur dan seprai bantal yang jarang di ganti akan menyebabkan tungaui dan mahluk mikroskopik lainya berada di kasur atau bantal kita.  Nah tungai ini lah yang bakalan menyabakan kita terinfeksi dan akan menyabakan flu.cucilah dan jemurlah bantal dan kasur anda setidaknya sebulan 2x untuk meminimalisir serangan flu datang.
  3.    Minum lah air putih
Perbanyaklah minum air putih jika dalam kondisi normal kita minum 6-8 gelaa/hari maka saat kita terkena flu seharusnya kita mengkomsumi air hingga 10 gelas. Air dapat menyebabkan “mengolontorkan “ virus dari tubuh kita untuk kemudian akan di sekresi( dikeluarkan) di sistem urin atau keringat kita
  4.       Hindari stres dan kelelahan
Ketika kita stres umunya sistem imun kita kan menurun dan akan menyebabkan flu, virus flu ini ketika sudah berinkubasi di tubuh kita membutuhkan waktu sekitar 2x24jam untuk menyerang tubuh kita . Nah dalam kondisi ini ketika kita teriniveksi dengan virus flu tersebut maka perlu kita kaiji ulang kegiatan apa yang kita lakukan dalam kurung waktu 2x24 jam yang lalu.
Beristirahatlah ketika terkena flu dan  pakailah masker dengan posisi yang di luar di baik kedalam supaya virus dapat terjegah menyebar.
Notes: virus flu setiap tahunya selalu berubah jadi tidak ada daya tahan tubuh yang mampu menangkal flu selamnya jadi tindakan preventif lah yang menjadi prioritas utama untuk mencegah virus flu ini menyabar dan berevolusi salah satu tindakan adalah dengan masker tersebut dan mencegah stres, menjaga kebersihan  d.l.l
.
berikut tips dari saya walau bagaimana pun tindakan preventif dari flu adalah yang paling utama dan jangan lupa terapakan hidup sehat.


/[ 0 komentar Untuk Artikel Tips tips sederhana untuk mencegah flu]\

Posting Komentar