fans page KESALAHAN KESLAHAN SEPUTAR SHOLAT IED.

duyy

animasi bergerak gif

KESALAHAN KESLAHAN SEPUTAR SHOLAT IED.

|| || || Leave a komentar



sholat ied




KESALAHAN KESALAHAN SEPUTAR SHOLAT IED.

 Tidak terasa kita memasuki 10 malam terakhir di bulan ramadhan  dan sebentar lagi hari kemanangan di depan mata kita. Sebelum  iedhul fitri setiap muslim pasti melaksanakan sholat setahun  sekali ini , yaitu sholat ied. Dalam melakukan sholat mungkin ada yang mengetahui dan ada yang tidak beberapa kesalahan dalam sholat ‘ied’, pada hari ini saya akan menjabarkan beberapa kesalahan sholat ‘ied’ yang umum nya banyak di lakukan oleh kaum muslim di indonesia.

    1 .       Menghidupkan dua malam ‘ied’


Sabagian bahkan kebanyakan kaum muslimin meyakini bahwa menghidupkan dua malam ‘ied’ adalah sunnah. Bahkan mereka menyuruh orang-orang agar melakukan. perkara ini tidak di contokan nabi selamanya.

Asy Syaqiri berkata, “hadits-hadits yang berkenaan dengan keutamaan shalat pada malam hari raya iedul fitri dan iedul adha, dua siangnya serta arafah adalah dusta dan di ada adakan. Janganlah terkecoh kepadanya.

 Di antara hadits yang mereka jadikan dalil yaitu sabda nabi berikut

“barangsiapa yang menghidupkan malam yang empat wajib baginya masuk surga “malam terwaih’ malam arafah’  ;malam hari raya iedul fitr dan iedul adha.”  Ini hadits maudhu’ dan tidak sah dari Nabi.

Juga sabda beliau “ barang siapa yang menghidupkam malam hari raya idul fitri dan idul adaha , hatinya tidak akan mati pada hari semua hati menjadimati “ ini juga hadits maudhu.

   2.       Berpendapat sholat ied adalah sholat sunnah.

Kebanyakan orang menyangka bahwa sholat ied adalah sholat sunnah dan orang yang meninggalkanya tidak berdosa, ini keesalahan besar. Sebab nabi memperintahkan agar menunaikan , bahkan beliau memerintahkan para wanita agar menyaksikan kebaikan ini.

Syeaik al albani mengomentari orang berpendapat bahwa ini adalah sunnah. “ini adalah sunnah muakad. Nabi senantiasa melakukannya dan memerintahkanya laki-laki dan perempuan agar keliuar (untuk sholat).



Saya katakan ini termasuk “perkara yang menunjukan wajib apabila keluar sunnah saja di wajibkan, wajibnya menunaikan sholat lebih di utamakan sebagaimana tidak di sangsikan lagi . yang benar adalah wajib ,bukan sunnah. Di antara dalil hal ini bahwa sholat ied ini menggugurkan  shalat jum’at bila keduanya berkumpul pada hari yang sama.”

Imam Asy syaukani berkata “ketahuilah bahwa nabi menunaikan sholat dua hari raya ini dan tidak pernah meningglkanya sekalipun. Beliu memprerintahkan para lelaki  lelaki dan para wanita untuk keluar menuaikanya. Ini semua menunjukan sholat ini adalah wajib  dengan derajat fardu ain bukan fardu kifayah.

   3.      Membuka khutbah dengan takbir.

Kebanyakan khatib maupun para da’i memulai khutah dengan bertakbir , padahal ini menyelisihii petunjuk nabi.

Orang-orang ini berdalil dengan pendapat seorang tabi’in yaitu ubaidullah bin abdullah bin utbah. Ia berkata “yang sunnah ,khutbah di buka dengan takbir sembilan kali dengan berturut –turut. Yang kedua takbir tujuh kali juga berturut turut.



Imam ibnnul Qayim membantah pendapat ini dengan menyatakan “adapaun pendapat kebanyakan fuqaha bahwa khutbah istisqa di buka dengan istigfar dan khutbah dua ied dengan takbir adalah tiddak ada dasar sunnahnya. Yang sunnah malah sebaliknya yaitu pembukaan khutbah seluruhnya di awali dengan bertahmid. Ubaidullah bin abdullah bin utbah adalah  seorang tabi’in sebagaiman engkau ketahuai , maka ucapanya ini merupkan sunnah tidak serta menjadi dalil bahwa itu sunnah dari nabi sebagaiman telah di tetapkan dalam ushul..



Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf, pernyataan di atas saya ambil dari buku saya yang berjudul kesahlah –keslahan sholat , jika ada yang beda pendapat bisa di coment.

Terimakasih wassalamualikum.
/[ 0 komentar Untuk Artikel KESALAHAN KESLAHAN SEPUTAR SHOLAT IED.]\

Posting Komentar